Rabu, 05 Januari 2011

BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
Dari penjelasn makalah tersebut, kami dapat menyimpulkan bahwa bunyi adanya salah satu gelombang, yaitu gelombang longitudinal. Dalam perambatannya, gelombang bunyi berbentuk rapatan dan renggangan yang dibentuk oleh partikel-partikel bunyi. Sumber bunyi adalah semua benda yang bergetar dan menghasilkan suara merambat melalui medium atau zat perantara sampai ke telinga. Contoh sumber bunyi adalah berbagai alat musik, seperti biola, gitar, piano, drum, terompet, dan seruling. Tiga aspek dari bunyi adalah : pertama, bunyi dihasilkan oleh suatu sumber seperti gelombang yang lain. Kedua, energi dipindahkan dari sumber bunyi dalam bentuk gelombang longitudinal. Ketiga, bunyi dideteksi (dikenal) oleh telinga atau suatu instrumen cepat rampat gelombang bunyi di udara dipengaruhi oleh suhu dan massa jenis zat.
Berdasarkan frekuensinya, bunyi dapat digolongkan menjadi tiga, yaitu : infrasonik, audiosonik, dan ultrasonik. Di dalam karakteristik bunyi, terdapat nada, warna bunyi (timbre), dan hukum Mersenne. Resonansi adalah peristiwa ikut bergetarnya suatu benda ketika benda lain didekatnya digetarkan. Contohnya adalah resonansi pada garputala dan resonansi pada ayunan bandul. Gelombang bunyi dapat dipantulkan dan diserap. Sebagian besar bunyi dipantulkan jika mengenai permukaan benda yang keras, seperti permukaan dinding batu atau semen, besi, kaca, dan seng. Sebaliknya sebagian besar bunyi akan diserap jika menganai permukaan benda yang lunak, misalnya kain, karet, busa, gabus, karpet, dan wol (benda-benda peredam bunyi).

B. Saran
Dalam pembuatan makalah ini, kami berusaha semaksimal mungkin agar makalah yang kami buat ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya. Tapi kami menyadari bahwa makalah ini sangat jauh dari sempurna, banyak kekurangan-kekurangan yang melekat dalam makalah ini. Oleh karena itu, kritik dansaan dari pembaca semua sangat kami harapkan untuk evaluasi demi tercapainya makalah yang lebih baik.

2 komentar:

  1. Terimakasih atas informasi yang saudara berikan,berkat informasi saudara tugas saya selesai

    BalasHapus
  2. Silahkan kunjungi,
    BLOG FISIKA - CARA CEPAT PINTAR FISIKA: supaya lebih mahir : CONTOH SOAL GELOMBANG BUNYI SMA KELAS XII Mudah-mudahan membantu. Salam

    BalasHapus